Tag

,

 

Kab. Malang (Humas) – MTQ Nasional pertama dihelat tahun 1968 di Makasar. Didahului dengan Pra MTQ antar pelajar tahun 1961, MTQ kini sudah berlangsung sebanyak 25 kali. Menyambut MTQ Nasional ke 26 di NTB, Kankemenag Kab. Malang memulai persiapan dengan mengumpulkan para Pembina TPQ se-Kab. Malang beserta para Kepala KUA untuk diberikan pembinaan.

Senin, 8 September 2014 di aula Kankemenag Kab. Malang, dibuka oleh Kasi Bimas Islam – Sonhaji, S.Ag, MH menyampaikan bahwa pembekalan Pembina TPQ dan LPTQ dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman mengenai pelaksanaan MTQ dan kriteria penilaian. Diharapkan dengan adanya pembekalan tersebut, dapat dicetak qari/qariah Kab. Malang yang berpotensi dan siap berkompetisi di MTQ Nasional nanti.

Kesadaran yang mulai turun untuk menyelenggarakan MTQ dipasalkan sebagai masalah utama di Kab. Malang. Seperti yang disampaikan Ahmad Qusairi sebagai narasumber, MTQ cukup melembaga baik pada kesatuan (AD, AL, AU, Kepolisian), BUMN, PNS bahkan antar narapidana. Namun terbukti kaderisasi berlangsung sulit. Untuk itu dukungan berbagai pihak demi sukses pelaksanaan MTQ sangat diharapkan. (NiSWaCil)